Macam Macam Piring dan Fungsinya

Piring bukan hanya di kenal sebagai peralatan masak saja. Namun piring juga menjadi salah satu media untuk kita makan. Kita biasa menyimpan makanan atau nasi di letakkan pada piring. Hingga akhirnya kita makan.

Banyak jenis atau macam macam piring yang di gunakan. Baik itu yang biasa digunakan di hotel, restoran, ataupun di ruang makan rumah kita sehari-hari.

Ukuran piring makan pun banyak variasinya. Mulai dari ukuran kecil, sedang hingga jumbo (besar. Semua di gunakan sesuai kebutuhan masing-masing tentunya.
Bagi anda yang ingin mengetahui macam macam piring dan fungsinya. Kali ini saya akan memberikan informasi tersebut. Simak ulasan berikut ini.

Macam Macam Piring dan Fungsinya
Macam Macam Piring dan Fungsinya

Dinner Plate

Dinner plate adalah jenis piring yang sering kali di pakai. Piring ini digunakan untuk menyajikan menu utama pada saat jamuan makan berlangsung. Piring dinner plate terbagi menjadi dua jenis: Ada yang berbentuk cekung dan ada yang datar. Ukurannya pun beragam, mulai dari 8, 9, 10, 11, dan 12. Namun ukuran yang paling banyak digunakan adalah ukuran 9.

Coupe Plate

Piring coupe plate memiliki fungsi yang sama dengan dinner plate, yaitu untuk menyajikan menu-menu utama. Tetapi yang membedakannya adalah ukuran dan bentuknya. Bentuknya yang ceper dengan lengkungan keatas di bagian tepinya. Sering kali piring ini di sebut juga piring bulan.

Dessert Plate

Lain halnya dengan piring dessert plate, piring ini digunakan untuk menyajikan menu penutup. Ukurannya berbeda-beda dan bentuknya yang lebih beragam. Ukuran yang paing sering digunakan adalah ukuran 18 cm.

Soup Plate

Seperti namanya, piring ini digunakan unutk alas mangkuk saat menghidangkan sup. Bentuknya yang ceper agak ke dalam cocok untuk di jadikan wadah kuah sup.

Oval Plate

Persis dengan namanya, piring ini berbentuk oval (lonjong). Ya meskipun ada juga bentuk lainnya yaitu bentuk datar dan coupe. Umumnya digunakan untuk daging, ikan dan sayuran.

B & B Plate (Butter and Bread)

Piring ini memiliki fungsi atau sering digunakan untuk menyajikan roti dan mentega. Piring ini memiliki diameter kurang lebih 15 cm.

Show Plate

Piring show plate biasanya digunakan pada acara-acara tertentu dengan dekorasi khusus. Ukurannya sedikit lebih besar daripada piring dinner plate.

Fish Plate

Piring ini khusus digunakan untuk menyajikan hidangan ikan. Bentuknya oval (lonjong) atau bulat ceper serta ukurannya yang sedikit lebih besar. Pas dijadikan untuk penyajian hidangan ikan.

Breakfast Plate

Piring breakfast plate ini biasa digunakan saat makan pagi. Piring ini tentunya berbeda ukurannya dengan piring yang biasa digunakan unutk makan siang atau makan malam. Ukurannya sedang dan bentuknya ceper.
Nah itulah beberapa macam macam piring dan fungsinya yang biasa digunakan untuk menyajikan hidangan makanan. Baik di rumah, di hotel, ataupun di restoran. Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih pula telah berkunjung.
This Is The Newest Post
Facebook Comments

0 komentar



This Is The Newest Post